FreeBSD untuk pemula banget

Tuesday, April 19, 2005

make thing impossible to possible

hai-hai, do you miss me? he he he lagian sapa juga yang baca blog ini. hiiiks... tapi gpp, semangat untuk berbagi ilmu g lagi tinggi neh jadi biarpun kagak ada yang baca nothing to loose lah.

OK, so what now? ok kali ini g pengen cerita tentang pengalaman g ngurus server anime. Kebetulan di kampusku itu ada server ftp khusus, gak tanggung2 400 G men... pokoknya kalo nonton seminggu gak pake mandi dan gak pake makan juga bisa nonstop lah, asal kuat ajah.

Back to FreeBSD part, jadi server itu make FreeBSD 5.4 PreRelease. Servernya sendiri di taroh di Lab VLSI, bukan di Dept ku.Entah kenapa tiba2 tuh mesin ngehang, dan akhirnya di restart manual deh oleh seseorang di VLSI sana. Tapi pada saat reboot dia gak mo masuk system, malah masuk ke mfsroot> bla bla bla...

Aku pernah mengalami hal yang sama, dulu masalahnya karena salah masang jumper ajah seh. Jadi pas aku liat error itu aku ngerasa akh itu paling masalah jumper ajah, tapi setelah di selidik punya selidik gak ada tuh salah pasang jumper. Terus aku coba tuker2 kabel ATA-nya. Sampe berkali2 teuteup ajah gak bisa. Berhubung g ngerjainnya di tempat orang, g rada2 gak enak deh ngopreknya akhirnya g minta tuh hd dibawa aja ke dept g.

Sampe di Dept g, akhirnya g slave-in tuh hd ke server g. Terus fsck sana-sini, mount sana-sini, akhirnya g bisa ngakses tuh hd. Dan setelah g chek ke / (partisi rootna) eh, eh, eh, ternyata si /etc dan /home nya kagak ada. siyalan... terang ajah kagak bisa masuk ke sistem. Dudulz2

weh weh weh, so apa yang g lakukan? simple aja kok. G copy aja /etc dari server g ke / hd yang kagak /etc-nya. gituh ajah kok repot. Tapi, hey bukankah /etc di server g sama hd bermasalah itu beda? terus emng ver FreeBSD yang di hd bermasalah dengan servermu sama?

he he he, tentu saja /etc di server g sama /etc hd yang rusak itu beda, so gimana bisa jalan? ya edit sajah .. kok susah amat!.sesuaikan mountpoit masing2 /dev/ad0s1x nya ke mountpoint yang tepat. bagaimana kita tahu bahwa /dev/ad0s1x itu mountpointnya tepat? gampang kok... yang jelas /dev/ad0s1a pasti root, b pasti swap nah kalo d itu /usr . Dimana seh ngedit kayak ginian? jawabannya adalah fstab. yup... di fstab inilah semua /dev dan mountpointnya berada.

dan tada.... FreeBSD andapun akan jalan kembali. Nyahahahahaha....
Tapi... meskipun FreeBSD kamu dah jalan, aku saranin seh mending di install ulang ajah deh. he he he... aku sendiri pemalez seh jadinya malez buat instal ulang2.. jadi kalo bisa jalan, kenapa harus diinstall ulang?

oh,ya tapi satu hal lagi. Tentang file passwd dan master.passwd itu kebetulan g masih punya backupnya jadi ya tinggal di copy paste aja, terus pwd_mkdb passwd dan master.passwd, dan tadaaaaaa.... Server anime kembali online. he he he...
oke deh sampe ketemu di diary FreeBSDku lainnya.. ada saran & kritik serta sanggahan kirim saja ke calakan[at]gmail.com

1 Comments:

At 5:40 PM, Blogger Unknown said...

Mantaf bro

 

Post a Comment

<< Home